Friday, March 15, 2013

Go Public


SALAM KB……!!

Mungkin salam diatas masih asing bagi sebagian pembaca. Bagi para pembaca generasi tahun 60-70an mungkin dulu sempat akrab dengan slogan “2 ANAK CUKUP” yang dulu pernah membahana di era tahun 70an dan 80an. Ya, betul sekali,salam diatas adalah salam khas bagi kami sesama PLKB atau Penyuluh Keluarga Berencana.Walaupun akhir akhir ini program Keluarga Berencana tidak lagi sedahsyat di era Orde Baru, tidak menyurutkan semangat kami dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya Keluarga Berencana.
Tidak bisa dipungkiri, saat ini kita sudah berada dalam era ketika semua hal terhubung dengan berbagai macam peralatan teknologi yang saling kejar mengejar dalam perkembangan dan kecanggihannya. Dan dengan semangat untuk mengikuti laju perkembangan jaman tersebut,kami mencoba untuk membuka diri dan membuka wawasan kami yang salah satunya adalah dengan mengakrabkan diri dengan dunia maya. Gagasan membuat blog ini sendiri berasal dari Kepala Balai kami yang menginginkan suatu media yang bisa mendokumentasikan gerak langkah kami,serta menampung buah pikiran kami berkaitan dengan program Keluarga Berencana Nasional.
Kami disini adalah para Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Ngluwar, yang berada di bawah naungan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Magelang. Kecamatan Ngluwar sendiri merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Jogjakarta dan terdiri dari 8 desa. Pada tahun 2010 saat terjadi bencana letusan Gunung Merapi, kecamatan kami merupakan salah satu kecamatan yang terdampak cukup parah. Hal ini disebabkan daerah ini dilalui oleh sungai-sungai yang berhulu langsung dari Gunung Merapi. Dan sampai saat ini sosialisasi tentang mitigasi bencana pun masih terus dilakukan karena adanya kemungkinan banjir lahar dingin yang dapat terjadi sewaktu-waktu terutama di musim penghujan.
Dengan 8 desa binaan, saat ini Kecamatan Ngluwar digawangi oleh 4 orang personel  yang terdiri dari satu Kepala Balai dan 3 orang petugas penyuluh. Dengan semakin banyaknya petugas penyuluh yang memasuki masa purna tugas, maka kondisi ideal dimana satu penyuluh membina satu desa, semakin lama semakin hanya menjadi angan-angan. Saat ini di Kabupaten Magelang sendiri sudah jamak adanya, seorang Penyuluh Keluarga Berencana membina lebih dari 2 desa. Tapi sekali lagi, kondisi demikian malah menjadi cambuk bagi kami untuk bekerja lebih keras untuk suksesnya Program Keluarga Berencana Nasional di Kabupaten Magelang

No comments:

Post a Comment

Post Ads (Documentation Required)

Author Info (Documentation Required)