Tuesday, November 1, 2016

Maria Shriver – Just Who Will You Be?

Salam KB !!!

Pada kesempatan kali ini, Balai Yan KB-KS Kec Ngluwar ingin membagikan sesuatu hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan per-KB-an. Sekali-sekali nggak apa-apa ya. Dari pada mabok laporan bulanan, mari kita mengulas sedikit tentang sebuah buku.

Buku yang akan kita ulas ini berjudul Just Who Will You Be? Dengan penulisnya Maria Shriver. Buku ini diterbitkan pada tahun 2009. Kenapa kemudian kami memutuskan untuk sedikit mengulas buku ini? Karena buku ini ukurannya kecil, mirip buku saku, hanya terdiri dari 52 lembar dan 104 halaman sudah termasuk halaman judul, identitas buku, dll. Namun, isi yang terkandung dalam buku ini cukup berbobot dengan gaya penyampaian yang cukup ringan sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Sebenarnya apa sih isi dari buku yang dimaksud? Cekidot!

Garis besar isi buku ini menekankan pada proses pencarian jati diri. Dalam proses tersebut kita harus percaya pada hati kita sendiri, mendengarkan suara hati kita, dan memiliki keberanian untuk melawan arus kehidupan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan besar untuk diri kita sendiri yaitu “Akan Menjadi Siapa Kita?”
“ Makna kehidupan hanya bisa didapat dari dalam diri kita sendiri. Satu-satunya jalan yang bisa membuat Anda merasa bernilai dan benar-benar nyaman dengan diri sendiri (satu-satunya jalan untuk menemukan hidup yang bermakna dan kegembiraan) adalah menemukan suara hati Anda sendiri, menemukan jalan Anda sendiri, mengikuti hati Anda sendiri dan menjalani hidup Anda bukan MENGIMITASI orang lain. Dengan memikirkan siapa diri kalian, menemukan hasrat kalian, memenuhi mimpi-mimpi kalian sendiri, itu semua merupakan tujuan hidup paling bernilai.”
Buku ini mengingatkan kita bahwa jawaban atas segala permasalahan hidup yang muncul dalam hidup kita adalah berasal dari diri sendiri. Melalui suara hati, kita bisa mengerti akan apa yang menjadi tujuan hidup kita di masa depan. Tidak hanya sebatas “Akan Menjadi Apa Kita di Masa Depan” namun “Akan Menjadi Siapa Kita?”. Untuk bisa menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut kita harus bisa melihat apa yang kita yakini, dengan tujuan untuk menemukan akan menjadi siapakah kita. Seperti pada penggalan isi buku ini,
“Sebenarnya pertanyaan terpenting yang kita ajukan pada diri sepanjang hidup kita adalah “Apa yang saya yakini dan ingin menjadi siapa saya?” Menjawab pertanyaan itu sangat penting karena keyakinan kalian akan menjadi landasan di mana kalian membangun diri sendiri seiring dengan pertumbuhan. Tidak hanya untuk mendorong kalian berpikir tentang siapa diri kalian dan hanya kalian yang dapat berubah menjadi pribadi itu.”
Dalam hidup ini siapa pun berhak untuk dihargai, dicintai sebagaimana apa adanya diri kita. Perubahan dalam hidup terkadang diperbolehkan tapi juga merupakan suatu keharusan. Perubahan yang terjadi tidak harus selalu besar tetapi sebaiknya mendalam. Perubahan yang dalam itu adalah dengan mengambil waktu sendiri untuk mengetahui apa yang dirasakan, untuk mengetahui siapa diri kita dan ingin menjadi siapa kita. Manusia dan hal terpenting sebagai manusia adalah kita memiliki hak tersendiri.  Kita berhak atas hidup kita sendiri, mimpi-mimpi dan cita-cita kita sendiri, serta nama baik kita sendiri.

Jadi itulah sedikit ulasan tentang garis besar buku Just Who Will You Be? Bukankah proses pencarian jati diri akan terus berjalan selagi kita masih punya kesempatan untuk hidup? Jadi mari kita terus berproses mencari jati diri kita dan melakukan hal-hal terbaik yang bisa kita lakukan. Melakukan perubahan-perubahan untuk mencapai hidup yang lebih baik.

Selamat hari Selasa... Selamat tanggal 1... Selamat gajian....

Cover Buku Just Who Will You Be?
Sumber : 
Shriver, Maria. 2009. Just Who Will You Be?. Jakarta : ESENSI, Penerbit Erlangga.

No comments:

Post a Comment

Post Ads (Documentation Required)

Author Info (Documentation Required)