Thursday, April 18, 2013

Once Upon A Time On A Rainy Day

Ada yang tak biasa di kantor balai KB Kamis pagi tanggal 11 April kemarin. Jajaran kursi plastik sudah tertata rapi di tengah ruangan. Sementara di pojok ruangan, Bu Yayuk dan Bu Esti sedang sibuk mengisi dan menata kardus berisi kudapan. Sedangkan Bu Erna juga tampak sibuk jepret sana jepret sini..:))( maksudnya jepret pake kamera lho, bukan njepretin temennya pake karet gelang..he2..
Yup, pagi ini Balai KB Ngluwar mengundang para mitra kerjanya yaitu Bapak Ibu PPKBD untuk Rapat Evaluasi dan Koordinasi Program KB Nasional di wilayah kecamatan Ngluwar. Berhubung kecamatan Ngluwar "hanya" terdiri dari 8 desa, yang berarti 8 PPKBD, kami tidak perlu repot menyewa gedung atau meminjam pendopo kecamatan untuk acara ini :))).
Diiringi cuaca yang sedikit dingin dan mendung, pukul 08.00 beberapa undangan sudah mulai hadir dan mengobrol sambil menunggu acara dimulai. Kantor yang biasanya tenang dan damai pun menjadi ramai dengan obrolan dan canda ria ( ceilee..). Biasalah kalau PLKB ketemu kader, pasti seru obrolannya dan ngga ada yang namanya kening berkerut atau muka tegang. adanya pasti ketawa teruuuusss...
Tepat pukul 09.00 acara dimulai  ( saatnya serius nih...)sambil menunggu Bapak PPKBD Desa Blongkeng yang belum hadir. Untuk menyingkat waktu, acara langsung dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ibu Esti selaku Kepala Balai. 
Dalam pemaparannya Beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya :
  • Kaitan pencapaian MDGs dengan program KB nasional khususnya untuk penekanan angka kematian ibu, bayi dan anak.
  • Seiring laju perkembangan pembangunan maka tugas PLKB beserta mitra kerja di desa ( PPKBD, Kader ) menjadi semakin kompleks dengan sasaran mulai dari balita sampai lansia.
  • Dengan semakin maraknya kasus kekerasan seksual oleh remaja akhir2 ini maka perlu diintensifkannya penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi di kalangan remaja.
  • Resosialisasi tentang metode kontrasepsi untuk pria ( MOP ) melalui kelompok2 kegiatan didesa, dan kerjasama dengan tokoh agama setempat untuk pendekatan dari aspek religi.
  • Untuk bulan April ini kembali diadakan Momentum Strategis pelayanan KB bekerjasama dengan Aisyiyah dalam rangka Harlah Aisyiyah. Kepada para PPKBD diharap untuk mensosialisasikan kegiatan ini kepada warganya masing2. Calon akseptor akan dilayani setiap hari Rabu di Puskesmas Ngluwar.  
Ada kejadian unik saat ditengah2 acara, tiba2 hujan mulai turun rintik2. Bu Estik, PPKBD Desa Somokaton tiba2 tergesa2 minta ijin pamit pulang. Ketika ditanya mengapa terburu2, apakah ada kejadian darurat atau apa jawabnya : "maap bu, saya lagi jemur gabah, ngga ada orang di rumah" wooooalah...nggih bu silahkan...
he3...ada2 aja...

Selanjutnya acara disambung dengan tambahan dari Bp. Widarto yang memberi masukan mengenai penanganan pasca pelayanan bagi akseptor khususnya akseptor MO baik pria maupun wanita. Diharapkan bagi para PPKBD ikut berperan aktif dalam memantau para akseptor MO pasca pelayanan sehingga jika terjadi komplikasi dapat segera ditangani.
Sepanjang acara, karena berlangsung dalam suasana santai, sehingga banyak banyak masukan spontan dari peserta diantarannya permasalahan2 yang terjadi lapangan seperti kasus2 kekerasan seksual dikalangan remaja dan  kehamilan di luar nikah yang rupanya juga banyak terjadi akhir2 ini di Kecamatan Ngluwar.
Acara berakhir pukul 12.00 yang ditandai dengan penyerahan souvenir berupa payung berlogo slogan KB
"2 Anak Lebih Baik ". 

lintangsmom, 19 April 2013

No comments:

Post a Comment

Post Ads (Documentation Required)

Author Info (Documentation Required)