Friday, February 10, 2017

Masa Depan Bangsa Tergantung Pada Remaja Perempuan 10 Tahun, Benarkah ????

Pernahkah kita, sebagai perempuan berpikir, apa peran kita terhadap bangsa ??  Pernah!!!. Dan yakin betul , bahwa perempuan adalah kunci pembangunan bangsa. ( Oh,ya ???)
Wahai para pria, jangan pernah iri , andai kita bilang bahwa permpuan adalah kunci pembangunan bangsa. Karena dibalik kalimat itu tersimpan berjuta peran perempuan dalam mempersiapkan sumberdaya manusia . Sebuah amanat yang berat memang, tetapi, bukan itu yang terpenting. Peran dan tanggungjawab tersebut sudah melekat dalam diri perempuan semenjak dilahirkan. Betapa tidak, setidaknya ada 3 peran besar dan mendasar dari seorang perempuan, yaitu sebagai anak, sebagai istri dan sebagai seorang ibu. Bahkan dalam agama Islam , terdapat hadits yang kira-kira bunyinya begini :

" Ketika perempuan menjadi seorang anak, maka ia membukakan pintu surga untuk ayahnya. Ketika perempuan menjadi seorang istri, ia melengkapi sebaruh imbalan surga suaminya. Dan ketika menjadi seorang ibu, maka surga berada dibawah telapak kakinya "

Hadits tersebut adalah refleksi bagaimana peran dan tanggungjawab perempuan yang begitu berharga. Dan pendidikan seorang perempuan itu sejatinya harus dimulai sejak dini, sejak masa remaja. Tidak salah jika PBB dalam agenda pembangunan berkelanjutan, menyatakan bahwa pendidikan yang berkualitas untu semua, termasuk remaja perempuan usia 10 tahun memiliki efek yang besar untu mewujudkan visi tentang dunia, tanpa kemiskinan.

"Mengapa Remaja Usia 10 Tahun ????"

Faktanya, 32 juta remaja perempuan dalam usia sekolah dasar, tidak duduk di bangku sekolah. Padahal, masa transisi dari anak-anak ketahap dewasa, merupakan tahapan yang sangat penting.
Menurut Anitsyah Robertson, Kepala UNFPA Indonesia, terdapat banyak hambatan yang menghalangi perkembangan remaja perempuan 10 tahun, diantaranya adalah pernikahan dini, hamil diusia sangat muda, terpaparnya remaja perempuan atas penyakit infeksi kelamin dan kesehatan reproduksi. Sebagian besar tentu karena terbatasnya akses pendidikan dan kesehatan bagi remaja perempuan, dan hal ini memiliki dampak jangka panjang, yaitu keterbatasan pilihan dalam kesempatan ekonomi dan pekerjaan.
Kebayang nggak sih, kalau ketika kita berusia 10 tahun, yang artinya masih duduk di bangku SD, terus disuruh nikah sama orangtua ????Diusia 12 tahun hamil, dengan resiko keguguranyang tinggi. Dan ketika melahirkan, karena mental tidak siap, jangankan baby blues yang menghampiri, bisa -bisa langsung stress karena harus ngurus anak tanpa bekal pendidikan yang cukup. Beruntung jika perkawinannya langgeng, kalau suaminya , yang juga muda usia, tahu-tahu pergi ninggalin???Ya ampun, runtuh dech dunia. Habis itu mesti menghidupi dari sendiri dan anaknya. Terus mau kerja apa tanpa pendidikan yang baik dan skill yang mumpuni??Masalah lain pun timbul, misalnya prostitusi dan trafficking. Belum lagi nasib anak yang dilahirkan tadi. Akan tumbuh seperti apa ia, tanpa didikan yang baik dari sosok ibu dan ayah ?? Padahal generasi muda itu kan aset bangsa.
Kenapa Remaja Perempuan 10 tahun ?? Ya, karena dalam jangka waktu 15 tahun kedepan, mereka yang akan menjadi penerus bangsa. Mereka akan menjadi ibu yang mencetak pemimpin-pemimpin yang cerdas. Tidak menutup kemungkinan , bahkan mereka sendiri yang akan menjadi calon pemimpin negeri ini. Jika ditahap usia yang krusial ini, kita tidak berinvestasi pada remaja permepuan usia 10 tahun, maka semua akan menjadi terlambat bukan ??

Lalu....tanggungjawab siapa ????

Pemerintah Indonesia melalui BKKBN sudah mulai melaksanakan program GENRE ( Generasi Berencana ) dengan sasaran remaja usia 10-24 tahun, agar lebih sehat, cerdas, ceria  ( sesuai Salam Genre Kita ). Program pemberdayaan remaja ini menitikberatkan pada pendidikan remaja perempuan, utamanya usia 10 tahun, agar memiliki pengetahuan dan kontrolyang baik terhadap isue pernikahan dini dan fertilitas.
Saatnya kita, sebagai perempuan ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan remaja perempuan usia 10 tahun.
Kuncinya cuna satu " PEDULI " .

Pelatihan PKBR dan Lifeskill bagi anak SMA/SMK





KIE bagi usia SD


KIE Kespro bagi remaja perempuan.

Saatnya Yang Muda Yang Berencana. Salam KB!!!! 



No comments:

Post a Comment

Post Ads (Documentation Required)

Author Info (Documentation Required)